Minggu, 18 September 2016

Deck CCD : Blue Bird (Bukan Taxi)

Halo.. jumpa lagi bersama saya coldheart168 dalam segment CCD (Creative & Competitive Deck). Sekali lagi maaf kalo lama ga ada post baru, lagi malas.. soalnya metanya itu itu aja. Tapi kali ini saya mau bahas Archetype lama yang kebetulan mendapat support baru yang agak unik ini. Ayo simak GPL!!

Clickbait kali ini nampak burungnya loo(?)

Sebelum ke decklist, sedikit penjelasan dulu, deck kali ini memakai archetype Spirit Monsters, dengan support kartu barunya yaitu RITUAL!!, di deck ini saya pakai 3 kartu baru nya yaitu Ritual Monster nya, Ritual Spell nya dan yang terakhir adalah Continuous Trap nya.

Esprit Lord - Hikokujaku atau Ritual Monsternya mempunyai efek yang lumayan, yaitu dapat mengembalikan up to 3 monster lawan (ga target lho!), kemudian efek kedua bisa meng SS 1 level 4 or lower spirit dari tangan walaupun biasanya spirit monster itu ga bisa di SS. dan yang terakhir tentunya efek balik ke tangannya yang biasanya minus, tapi kita dikasih 2 token untuk menutupi minusnya.

Espirit Calling atau Ritual Spell nya bisa Ritual summon si Hikokujaku dengan tumbal monster level 8 / lebih dari tangan / field / maupun banish dari grave, bukan cuma itu, sebenarnya Ritual Spell ini bisa Ritual Summon 1 monster baru lagi yang belum di reveal, kemungkinan besar itu ceweknya / si Himekujaku yang gambarnya keluar di artwork Espirit Healing.

Espirit Healing atau Trap barunya ini membawa archetype spirit ke tahap kompetitif, dengan efek yang cukup broken, yaitu kalau ada spirit balik ke tangan (via efek sendiri ataupun efek kayak Compul / Genex Ally Birdman) , dia akan bisa enghancurkan 1 kartu lawan secara gratis!! Kemudian efek kedua pun ga kalah broken, yaitu bisa end Battle Phase. Biasanya spirit balik ke tangan menyebabkan field kita kosong, jadi dengan menggunakan kartu ini maka akan menguatkan pertahanan deck Spirit.

Ok, kali ini kita lihat decklistnya.


Monsters
1x Gem-Knight Garnet
2x Hino-Kagu-Tsuchi
1x Yaksha
3x Manju
2x Izanami
3x Aratama
3x Nikitama
1x Genex Ally Birdman
3x Esprit Lord - Hikokujaku

Spells
3x Pre-Preparation of Rites
3x Trade-in
3x Espirit Calling
2x Twin Twister
3x Brilliant Fusion

Trap
3x Espirit Healing
1x Vanity Emptiness
2x Solemn Strike
1x Solemn Warning

Extra Deck
2x Gem-Knight Seraphinite
1x Beelze
1x Michael, Lightsworn Lord
1x Clear Wing Synchro
1x Black Rose
1x Utopia Lightning
1x Dark Rebellion
1x Utopia
1x No. 101 Silent Honor Ark
1x Castel
1x Diamond Dire Wolf
1x Daigusto Emeral
1x Abyss Dweller
1x No. 80 Rhapsody in Berserk

Sedikit penjelasan cara kerja deck ini, saya pakai Engine Brilliant Fusion disini karena mempunyai banyak advantage disini yaitu bisa membuang si Nikitama dari deck ke grave yang bisa draw 1, kalau kita mengkontrol 1 spirit monster di field, spirit yang dibuang ke grave bisa jadi tumbal ritualnya ataupun cost Trap nya yang end BP, kemudian efek dari si Seraphinite yang double summon ini sangat membantu di deck ini karena rata-rata spirit ini mendapat efeknya dengan di normal summon dan ga once per turn, begitu pula dengan Manju, tetapi ingat kalau efek dari Seraphinite ini tidak bisa di gabung dengan efek double summon nya si Nikitama. dan yang terakhir tentunya si Seraphinite bisa jadi tumbal ritual ataupun di Synchro dengan Genex Ally Birdman. Genex Ally Birdman juga berguna disini karena jika di gabung dengan combo Nikitama + Aratama ataupun combo Seraphinite maka dapat ngeplus banyak, tentunya return ke tangannya juga bisa mentrigger efek Trap Espirit Healing.

Engine draw disini saya pakai Trade-in karena deck ini dengan mudah mencari monster level 8 buat di Trade-in (ada 14 target!!), saya juga pakai Hino-Kagu-Tsuchi disini karena selain dia berlevel 8, efek nya sangat cocok digabung dengan si Espirit Lord yang kembalikan monster ke tangan, walaupun monster ini memakai 2 tribute untuk mensummon, tapi dengan bantuan si Seraphinite / efek SS Level 4 or lower nya Espirit Lord / Efek SS 2 Token, maka 2 tumbal sangat mudah terpenuhi.

N.B: karena kartu ini baru keluar di YGOPRO, jadi saya belum sempat test banyak, jadi mungkin ada formula yang masih kurang. dan tentunya belum di tambah Ritual Monster Spirit versi cewek nya juga.


OK, Segitu dulu segmen CCD kali ini, ingat untuk tetap subscribe dan ikuti blog ini untuk deck yang fun dan competitive.
Trimas dan Salam Bakar.
Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar