Sabtu, 19 Juli 2014

Deck CCD : Noble Hands

Hello, jumpa lagi bersama saya coldheart168,  dalam segment CCD (Creative & Competitive Deck) . Kali ini saya mau membahas deck favorite saya untuk liga musim ini (eaa, uda kyk pro league aja).

Dilihat dari namanya pasti uda bisa tebak-tebak, ayo langsung aja ke Deck Core dan Engine yang dipakai.

Deck Core : Noble Knight


I AM GOD!!

Noble Knight adalah archtype yang uda lama keluar, walaupun sering di support oleh kartu-kartu baru nya, banyak duelist yang tidak pakai archtype ini karena:
1. Mahal nya minta ampun, dengan rarity yang rata-rata cling-cling semua
2. Untuk harga yang segitu, duelist lebih memilih deck yang harganya hampir sama tetapi lebih konsisten dan lebih kompetitif seperti Bujin, Mermail, HAT, dan sebagainya.

Tetapi buat duelist yang mau merasakan cara main deck ini, ADA KABAR BAIK (*korban iklan)
, karena Konami bentar lagi akan merilis Noble Knight Box Set yang akan di support lagi dengan kartu-kartu baru. Untuk informasi lebih lanjut silahkan ke link ini.

Dan dengan BANLIST TCG yang baru ini, yaitu Reinforcement of the army (ROTA) menjadi semi-limit (boleh pakai 2 biji), yang tentunya akan meningkatkan konsistensi di deck ini.

Ok, langsung aja ke monster dan support yang saya pakai.

1. Noble Knight Medraut
- Keycard di deck ini atau boleh di bilang keycard di semua deck Noble Knight, karena 1 kartu ini langsung bisa instant jadi boss Noble Knight nya.
#Bawa 3 wajib GPL.

2. Noble Knight Borz
- Teman sekampung nya si medraut, pasangan 2 sejoli ini bagai selai diatas roti(?). Kartu ini dapat mencari  Noble Arms yang menjadi peran penting untuk deck ini. Biasanya di SS oleh Eff medraut. tetapi dia juga jago untuk solo play (akan di bahas lebih lanjut di bawah).
#Bawa 3 juga.

3. Noble Knight Drystan
- Kartu ini dapat membantu di saat-saat yang terdesak, karena kartu ini dapat membunuh boss monster ataupun siding-siding lawan yang menjengkelkan.
Ingat, kalau eff kartu ini cuma destroy face-up aja, ga peduli itu monster atau S/T, jadi kartu ini dapat memusnahkan kartu siding labil lawan seperti DNA surgery, Zombie World, Kaiser Colo, Shadow-imprison, dsb.
(ingat, kartu seperti excaliburn dan gwen tidak memerlukan type warrior untuk di equip)
#Bawa 1 - 2 biasanya.

Yup, cuma segitu monster Noble Knight(NK) yang saya pakai, dan pasti banyak yang nanya kenapa ga pakai si Gwalchavad, Gawayn, Brothers, dan sebagainya?
Ok, pertama-tama deck yang saya bahas ini bukanlah NK Pure melainkan deck campuran, jadi kartu-kartu seperti gawayn/brothers/gwalchavad tidak akan konsisten di deck ini. Dan juga deck NK dimana-mana pun memang lebih fokus ke Medraut/Borz yang menjadi kartu utamanya.

4. Noble Knight Support
- NK support tentunya adalah para Noble Arms (NA) yang menjadi kunci utama combo deck ini.
untuk singkat nya, saya tidak akan bahas banyak tentang ini, karena rata-rata duelist yang pernah maen NK pasti uda tau.
Saya cuma pakai 8 NA di deck ini (termasuk si Gwen), karena sekali lagi, ini bukanlah deck pure NK. (Untuk Tips & Trick akan di bahas lebih lanjut di bawah.)


Deck Engine : Hands Bersaudara

Kartu Hand bersaudara memang lagi terkenal di dunia TCG, karena kemampuan nya. Buat yang ga tau apa itu Hand bersaudara, mereka adalah si Fire Hand dan Ice Hand.

Saya pakai Hands sebagai engine di deck ini karena mereka memiliki field presence yang kuat dan kemampuan untuk memberi advantage kepada kita. Deck NK memang terkenal dengan one-way play nya yang terlalu mengandalkan merdraut, jadi kalau merdraut nya di kerjain atau tidak mendraw si merdraut + noble arms di 1st turn, maka habis lah deck NK, ga akan bisa comeback lagi. Jadi di deck ini saya tech si hand bersaudara untuk mengatasi kelemahan itu. dengan prinsip NK Sebagai attacker nya dan Hand bersaudara sebagai defend nya. deck ini saya juga membawa 3 biji Pot of Duality untuk konsistensi kalau ga dapat Medraut / Pedang nya. Jadi dalam beberapa case, kalau kita ga dapat combo NK nya, maka kita bisa set hands bersaudara untuk mengontrol field sampai kita dapat combo yang kita mau.

Nah, struktur deck nya uda di jelasin, maka langsung aja ke decklist gpl.

DECKLIST
*Deck list ini bisa disesuaikan menurut kesukaan masing-masing, dan dibawah ini adalah contoh decklist saya.


Daftar decklist:
* langsung singkat aja yah
Monster
1x Drystan
3x Medraut
3x Borz
3x Fire Hand
3x Ice Hand
1x Gwen
2x Veiler

Spell
1x ROTA (nanti habis banlist pakai 2)
1x Dark hole
2x Soul Charge
3x Duality (sehabis banlist, pakai 2 untuk menggantikan ROTA)
2x MST
2x Forbidden Lance
2x NA Destiny
1x NA Gallatin
1x NA Caliburn
2x NA Excaliburn
1x NA Arfeudutyr

Trap
1x BTH
1x Torrential
1x prison
1x BTS
1x Compulsary evacuation device
1x solemn warning
Extranya stardar xyz dan
synchro nya bawa si  armades sama high laundsallyn (bisa synchro pake veiler)


TIPS & TRICK SECTION

1. Banyak yang ga tau ruling ini, deck ini mempunyai good matchup lawan deck yang pakai Hands, karena bisa membuat mereka misstiming.
- Si gwen, queen of noble arms punya eff yang jika equip ke dark monster akan punya eff menghancurkan monster tersebut di start of damage step.
Nah, intinya jika si gwen equip ke Borz / Merdraut, dan kita serang si fire/ice hand dan kita pakai eff gwen untuk lgs menghancurkan mereka, maka si hand TIDAK dapat mengaktifkan eff mereka karena mereka akan MISS TIMING. Kenapa bisa miss timing? karena begitu kita pake eff gwen, ada lanjutan nya, kita harus menghancurkan gwen sendiri juga, maka si hand akan miss timing karena hal terakhir yang terjadi adalah gwen hancur.

- VS Bujin Match up, si gwen juga sangat berguna untuk melawan bujin dan antek2 nya di kuburan.
Misal field lawan ada si yamato (ATK 1800), grave lawan ada si hare.
field kita ada borz yang equip si gwen(ATK nya jadi 2000).
maka kita serang aja si yamato pake borz, dan langsung pake eff si gwen. maka si pengguna yamato ini akan galau, karena kalau dia aktifkan eff hare, si yamato tetap akan modar, karena eff hare melindungi yamato dari gwen, dan karena si gwen tidak menghancurkan target nya, dia sendiri tidak ikut hancur juga. maka battle akan langsung proses ke phase selanjut nya dimana si yamato cuma punya 1800 ATK dan si borz punya 2000 ATK. (Beda lagi kalau si yamato ada crane di hand).
dan lagi eff si gwen itu tidak target, jadi si turtle pun tidak bisa me negate.

- VS Face down monster / kartu yang punya text "When.... you can".
Si gwen dapat membuat miss timing kartu yang punya text seperti diatas, contoh kartu-kartu populer yang sering dipakai, misalnya Fire/Ice Hand, Gear Gigant X, Yang zing, Naturia Cliff gaje(?)
dan eff gwen itu aktif di start of damage step, maka kartu face down itu pun akan langsung hancur tanpa di flip face up.


2. Arfeudutyr Trick
 Sebenarnya ini trick lama, dan kondisional, tapi kalau kondisinya ada, ya silahkan dicoba, trick ini memerlukan kartu NA Arfeudutyr yang kita equip ke monster lawan (harus warrior), maka dengan itu, kita bisa mengaktifkan eff nya untuk menembak SET card lawan, sekaligus mengurangi ATK lawan, begitu kita aman dari backrow, maka summon lah noble knight apapun dan atk monster lawan yang uda lemah, maka NA Arfeudutyr yang hancur akan kembali lagi ke monster kita. sekaligus menghasilkan advantage yang bagus.

Ingat kalau support para NK akan datang sebentar lagi, support yang baru ini ada 3 kartu yang eff nya masih belum di ketahui yakni 2 Monsters (1 Merlin, 1 NK baru), dan 1 spell card baru. Berharaplah kartu support baru itu super broken biar bisa menandingi meta sekarang yang makin gaje.

Okay segitu dulu segment CCD kali ini, ingat untuk tetap subscribe/ikuti blog ini untuk deck yang lebih kreatif dan kompetitif lagi.

Trimas dan Salam Bakar. 

1 komentar: